Home / Seputar Desa / PEMBANGUNAN SUMUR BOR DUSUN II KOTO TUO T.A 2023

PEMBANGUNAN SUMUR BOR DUSUN II KOTO TUO T.A 2023

Dusun II Koto Tuo adalah  Dusun yang terletak di tepi Sungai Kampar Kiri, walaupun terletak di tepi sungai besar tetapi masyarakat dusun tersebut kesulitan dalam mendapatkan air bersih untuk kebutuhan keluarga. Kesulitan iar bersih ini disebabkan oleh pencemaran yang terjadi diatas sungai Batang kampar Kiri sehingga air sungai tersebut tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat, disamping itu lokasi dusun II koto tuo terlatak di atas perbukitan yang berbatu Napal.

Batu Napal tersebut menyebabkan sumur-sumur cincin yang dimiliki masyarakat kekurangan air bersih, sementara sumber air bersih terdapat puluhan meter dibawah batu napal tersebut. Bagi masyarakat yang mengandalkan sumur cincin galian ketersediaan air bersih sangat terbatas hanya pada saat musim hujan saja, pada musim kemarau maka air sumur cincin itu akan kering.

Usulan tentang perlunya pembuatan sumur umur yaitu sumur bor, sudah menjadi perioritas usulan dalam RPJM desa 2021-2026 akan tetapi karena pendemi Covid_19, usulan terseburt di tunda selama lebih kurang 2 tahun, disebabkan karena revokusing kegiatan. Setelah pandemi covid meredah tahun 2022, kegiatan pembangunan sumur Bor untuk dusun II koto tuo akhirnya terealisasi dalam APBDes 2023.

Pembangunan Sumur Bor yang semula direncanakan sedalam 60 meter dengan sarana tower air, tong air , mesin dan  sarana lainnya dengan pagu anggaran lebih kurang Rp. 70.000.000,-. Dalam realisasi kegiatan disebabkan tebalnya lapisan batu napal tersebut kedalam sumur bor menjadi 110 meter. Dengan kedalam baru sumur tersebut baru didapatkan sumber air bersih bagi sumur umum di dusun II koto tuo. Realiasisasi kegiatan yang berbeda dengan rencana kegiatan tersebut tentu membutuhkan perubahan dalam penjabaran APBDesa 2023 sehingga pagu anggraan kegiatan menjadi lebih kurang Rp. 90.000.000,-

Dengan telah terealisasinya kegiatan pembangunan sumur bor umum milik desa di Dusun II Koto Tuo melalui dana desa (DDS) Tahun Anggrana 2023 tersebut mudah-mudahan keurangan air bersih di dusun II dapat segera diatasi. Harapan dari kepala Desa yaitu hasil pembangunan sarana air bersih tersebut dapat berkelanjutan dengan pemeliharaan dan pengelolaan yang baik oleh warga masyarakat.

 

LKS-Media Center

 

About admin

Check Also

PENYERAHAN BANTUAN BLT-DD TW 1 2024

Dalam rangka menyambut bulan hari raya Idhul Fitri 2024 yang jatuh pada hari Rabu tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super