Home / Profil / Visi & Misi

Visi & Misi

visi-misi

Visi Desa Lipatkain Selatan adalah:

Terwujudnya Lipatkain Selatan sebagai desa yang Sejahtera dan Beradat Budaya dalam lingkungan masyarakat yang Madani, dan Berwawasan Kelestarian Lingkungan menuju visi Kabupaten Kampar 2020.

Sejahtera secara standar berarti aman dan makmur. Aman adalah situasi kemanusiaan yang terbebas dari rasa takut, secara psikis sejahtera, sedangkan makmur adalah situasi kemanusiaan yang terbebas dari rasa lapar, secara fisik sejahtera. Diharapkan hasil pembangunan desa dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat, sehingga bisa meningkatkan taraf kehidupan mereka dalam pemenuhan kebutuhannya.

Beradat budaya adalah tata kelakuan yang kekal dan turun-temurun dari generasi satu ke generasi lain sebagai warisan sehingga kuat integrasinya dengan pola perilaku masyarakat suatu daerah yang secara nyata masih hidup dan berkembang. Adat budaya yang dimaksud disini adalah adat melayu yang bersendikan syarak dan syarak bersendi kitabullah (ABS-SBK).

Masyarakat Madani adalah masyarakat berperadaban tinggi dan maju yang berbasiskan pada: nilai-nilai, norma, hukum, moral yang ditopang oleh keimanan; menghormati keberagaman; bersikap terbuka dan demokratis; dan bergotong-royong menjaga kebersamaan desa. Pengertian dari masyarakat madani itu perlu dipadukan dengan konteks masyarakat Kabupaten Kampar di masa kini.

Pembangunan berwawasan lingkungan haruslah berorientasi pada kebutuhan pokok hidup manusia, pemerataan sosial, peningkatan kualitas hidup, serta pembangunan yang berkesinambungan. Jadi, pembangunan harus mengandung makna perkembangan dan perbaikan kualitas hidup masyarakat tanpa merusak alam. Untuk mencapainya maka visi pembangunannya adalah tercapainya peningkatan kualitas hidup seluruh masyarakat melalui: pengembangan kecerdasan, pengembangan teknologi, keterampilan dan moral pembangunan sumber daya manusia yang tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, serta seni untuk mengelola sumber daya alam secara bijaksana dan berkesinambungan.

Jadi, pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya.

 

  • Misi Desa
  1. Melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat, sebagai wujud pelaksanaan pilar peningkatan imam dan taqwa kepada Allah SWT.
  2. Membangun masyarakat yang mantap memegang adat budaya, dan agamis dengan pijakan pilar akhlakul karimah dengan menjunjung nilai agama dan adat budaya.
  3. Meningkatakan pelayanan dasar bagi masyarakat khususnya dibidang administrasi dan tata kelola pemerintahan desa.
  4. Meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan integritas aparatur pemerintah desa
  5. Menata dan mengembangkan manajemen tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa yang aspiratif, responsif, akuntabilitas, transparansi, partisipatif, dan profesional.
  6. Membangun sumberdaya manusia yang handal untuk mampu menguasai ilmu pengetahun dan teknologi dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari aspek pendidikan dan ekonomi berbasis kerakyatan dalam rangka menuju pilar peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.
  7. Mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan.
  8. Mewujudkan pembangunan pilar pembangunan infrastruktur desa guna pengembangan potensi dan sumberdaya desa.
  9. Membina, mengembangkan dan memberdayakan poktan pertanian, peternakan, perikanan dan ekonomi kreatif, koperasi dan UKM sebagai basis ekonomi desa.
  10. Mewujudkan pengembangan objek pariwisata skala desa dan menggali potensi sumber daya yang dimiliki sebagai pondasi peningkatan pendapatan desa sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan dan investor.
  11. Memperkuat kapasitas kelembagaan sosial, ekonomi, budaya dan keagamaan yang berkembang di masyarakat.

Check Also

Balau Adat Ninik Mamak

Sejarah Singkat Lipatkain

HIKAYAT NEGERI BUNGO SETANGKAI/ LIPATKAIN HIKAYAT KENEGERIAN LIPATKAIN 1. Latar Belakang Kenegerian Lipatkain Adalah salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super