Home / Kearifan LokaL / TANAMAN AREN DAN SAGU DI DESA LIPATKAIN SELATAN

TANAMAN AREN DAN SAGU DI DESA LIPATKAIN SELATAN

Tanaman Sagu dan Aren merupakan tanaman Asli Daerah Kampar, Khususnya Desa Lipatkain Selatan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Pada zaman dahulu Kebun Sagu (Umbio) dan Aren (Onau) termasuk “Tapak Lapan” bagi masyarakat Lipatkain maupun masyarakat Rantau kampar Kiri.

Tapak Lapan adalah delapan jenis mata pencaharian utama masyarakat tempatan di Kampar Kiri, yaitu, Ba-ladang, Ba-Kobun, Ba-ikan, Ba-Gaharu/ Ba-Damar, Ba-Tonak, Ba-Niro/ma-nyagu/Sagu, Ba-Dondang/ Mandulang ( mencari emas disungai) serta Ba-Dagang.

Tanaman Aren ( Onau) maupun Tanaman Sagu ( Umbio/Rumbio) merupakan tanaman Asli Daerah Kampar Kiri, dia bisa di tanam secara tumpang sari di kebun Karet, Kelapa, serta kebun buah lainnya, biasanya tanaman ini memang subur didaerah tropis serta pinggiran sungai Batang Kampar Kiri. Kedua Tanaman ini adalah sumber Makanan Pokok rakyat pada masa dahulunya Yakni ” Sagu dan Gulo Onau/ Sokaegh.

Tanaman Onau/ Aren di Dusun II Koto tuo
Pohon Rumbio/ sagu di Dusun II Koto Tuo Lipatkain Selatan

seiring dengan perkembangan zaman, kedua jenis tanaman endemik ini semakin tergusur oleh kehadiran Karet dan Sawit, serta Akasia, sehingga masih sedikit masyarakat yang masih memeliharanya dipekarangan atau di kebun. ditambah nilai ekonomis kedua tanaman ramah lingkungan ini tidak lagi diketahui oleh generasi mudanya, sehinggga terancam oleh kepunahan.

Check Also

KEGIATAN LOMBA REBANA & BATIMANG DESA LIPATKAIN SELATAN “MEMERIAHKAN IDHUL ADHA 1440 H” TINGKAT KECAMATAN KAMPAR KIRI

Dalam rangka memeriahkan hari raya Idhul Adha 1440 Hijra, yang jatuh pada hari Ahad tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super