Home / Kearifan LokaL / PESTA RAKYAT MUAGHO SITINGKAI ” MANDI BALUMBO”

PESTA RAKYAT MUAGHO SITINGKAI ” MANDI BALUMBO”

POSKO MUSTIKA NELAYAN

“Kegiatan hiburan Rakyat Tepian Muara Sitingkai Desa Lipatkain Selatan Memeriahkan Idhul Adha 1440 H & HUT-RI ke 74”

Ketua pemuda Muara Sitingkai Bung Agung Kacak bersama kepala Dusun III Muara Setingkai Bung Zendra, menggelar hiburan rakyat dalam rangka memeriahkan Idhul Adha dan Hut-RI ke 74. Adapun rangkaian acara ini berupa permainan anak-anak ditepian mandi Muara Sitingkai, diantaranya Panjat Batang Pinang Cunduang, Lombah Renang Kampung, serta lombah Pukul Bantal.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengisi waktu liburan, hari ahad tanggal 25 Agustus 2019 Jam 14.00 Wib Petang, kegiatan ini didukung oleh RT dan RW serta pemerintah Desa Lipatkain Selatan, kegiatan dibuka oleh Sekretaris Desa Lipatkain Selatan.

Kegiatan ini juga mendapat Apresisasi dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar bapak Zulia Dharma, sebagai sebuah hiburan rakyat, Destinasi wisata local desa, bahkan beliau turut mensosialisasikan kegiatan ini melalui Akun Fb pribadi beliau sebagai wujud dukungan terhadap kegiatan kepariwisataan di Desa Lipatkain Selatan.

Kegiatan “Mandi Balumbo” ditepian Muara Sitingkai ini merupakan suatu helat/olek kebudayaan. Hampir setiap tahun masyarakat Muara Sitingkai, mengadakan pesta sungai dalam bentuk iven yang bermacam-macam, seperti lomba Pacu sampan anak-anak, panjat batang pinang, Makan bersama Kelompok Nelayan Mustika, Mandi Balimau Kasai menyambut Puasa dan pembukaan Lubuk Larangan Desa. Hanya saja menyambut HUT-RI ke 74 ini panitia membuat terobosan baru untuk menarik minat anak-anak dan menghabiskan waktu liburan di tepian sungai Sitingkai yang masih jernih. Helat ini didukung oleh kondisi cuaca yang kemarau dan Lubuk larangan belum memasuki masa panen, mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi kalender wisata rutin dengan dibarengi dengan kegiatan “Mancokau Ikan Lubuk larangan Desa” Setiap tahunnya.

Keseruhan kegiatan ini, tampak dari antusisme masyarakat terutama ibu-ibu membawa putra-putri nya ketepian Muara Sitingkai untuk mengikuti lomba dan sekaligus juga untuk kegiatan hiburan berenang secara alami di sungai Setingkai. Dengan adanya iven-iven seperti ini akan memacu minat masyarakat terutama para generasi mudah untuk mencintai lingkungan terutama sungai-sungai sebagai urat nadi kehidupan masyarakat asli di desa Lipatkain Selatan Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar.

Check Also

KEGIATAN LOMBA REBANA & BATIMANG DESA LIPATKAIN SELATAN “MEMERIAHKAN IDHUL ADHA 1440 H” TINGKAT KECAMATAN KAMPAR KIRI

Dalam rangka memeriahkan hari raya Idhul Adha 1440 Hijra, yang jatuh pada hari Ahad tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super