Home / Seputar Desa / PENYALURAN BLT-DD DESA LIPATKAIN SELATAN

PENYALURAN BLT-DD DESA LIPATKAIN SELATAN

Muncul dan menyebarnya wabah Pandemi Corona Virus Deases 2019 atau COVID19 di Indonesia membuat Kondisi Sosial dan perekonomian masyarakat menjadi Guncang. Kondisi ini hampir merata terjadi di Indonesia tidak terkecuali di Provinsi Riau serta Kabupaten Kampar.

Pada bulan Mei tahun 2020 Pemerintah Provinsi Riau sudah menetapkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar sebagai daerah Pandemi serta pemberlakukan PSBB di beberapa Kabupaten dan Kota termasuk Kampar.

Pemerintah Pusat sudah membuat kebijakan untuk meringankan kondisi perekonomian masyarakat melalui progran Bantuan Lansung Tunai bagi kepala keluarga yang terdampak parah secara perekonomian akibat Pandemi ini.

Bantuan Lansung Tunai ini ada dua Jenis yaitu yang bersumber dari APBN lansung dan disalurkan melalui kementrian Sosial berdasarkan Data DTKS Kabupaten Kota disebut dengan BST (Bantuan Sosial Tunai) disalurkan melalui Bank Himbara dan Kantor Pos bagi Masyarakat yang tidak memiliki Rekening.

Bantuan lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari DANA DESA disebut BLT-DD, dimana didalam keputusan Kementrian Desa (Meneg PDT) disebutkan maksimal 30 % dari dana Desa yang diterima oleh setiap desa di Indonesia wajib disalurkan untuk Bantuan Lansung Tunai. Dimana penetapan nama-nama penerimanya ditetapkan melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus).

Di Desa Lipatkain Selatan Musyawarah Desa Khusus-BLT -DD dilakukan pada hari Jumat tanggal 18 Mei tahun 2020. Di dalam musyawarah tersebut yang dihadiri oleh RT, RW, Organisasi kemasyarakat di Desa, Mitra pendamping Desa sert relawan Covid menetapkan 140 kepala keluarga sebagai penerima Bantuan Lansung Tunai ini. dan mekanisme penyalurannya ditetapkan secara Tunai.

Penyaluran BLT Desa Lipatkain Selatan untuk Bulan 1 dan 2 telah dilaksanakan pada tanggal 21 Mei dan 22 Mei 2020 sebelum Hari Raya Idhul Fitri 2020, penyaluran berlangsung tertib dan aman.

Berikut Dokumentasi kegiatannya.

Dokumentasi Musyawarah Desa Khusus (Musdesus)

Penandatangan Berita Acara Musdesus BLT-DD oleh Pak kades Junaidi dan Ketua BPD Bapak Zaitul Bahadi, SHPembagian BLT-DD Desa Lipatkain Selatan

Penyerahan BLT-DD Desa Lipatkain Selatan Oleh Kepala Desa Bapak Junaidi

Check Also

IMUNISASI IBU & BALITA JUNI 2020

Kegiatan konvergensi stunting merupakan program perioritas dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, walaupun kondisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super