Home / Seputar Desa / PEMILIHAN BPD LIPATKAIN SELATAN 2023

PEMILIHAN BPD LIPATKAIN SELATAN 2023

Badan Permusyawaratan Desa atau BPD, adalah bagian dari organisasi pemerintahan di Desa. BPD adalah lembaga Pemerintahan yang memiliki  kewenangan dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, Mengelar Musyawrah desa, mengawasi jalannya pemerintahan desa oleh kepala desa, membuat peraturan desa bersama kepala desa serta kewajiban -kewajiban lain sesuai dengan undang-undang desa nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Sebagai organisasi pemerintahan, tatacara pemilihan keanggotaan BPD juga diatur oleh undang-undang, peraturan pemerintah serta peraturan daerah.

BPD Desa Lipatkain selatan, masa bakti 2017 sampai 2023 akan berakhir masa baktinya tahun 2023. Sesuai amanat undang-undang maka 6 bulan sebalum masa bakti berakhir harus dilakukan proses pemlihan keanggotaan BPD masa bakti berikutnya yakni masa bakti 2024-2029, sehingga roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Pada awal tahun 2023 pemerintah desa Lipatkain Selatan sudah melakukan koordinasi dengan Ketua BPD Desa Lipatkain Selatan tentang rencana pemilihan keanggotaan BPD yang baru, kegiatan tersebut sudah dianggarkan dalam APBDes 2023 dimasa pelaksanaanya akan dilakukan dalam semester 1 tahun berjalan. Pada bulan Mei tahun 2023 telah terbentuk Kepanitiaan Pemilihan Keanggotaan BPD Desa Lipatkain Selatan masa bakti 2024-2029 yang diketuahi  oleh Bapak Asril, S. Pdi dan sekretaris bapak Peni Anggaran S.Pd. Panitia pemilihan anggota BPD tersebut telah disyahkan oleh Kepala Desa Lipatkain selatan berdasarkan hasil  musyawarah Desa.

Pada bulan Juni tahun 2023 panitia telah melakunan proses pendaftaran bakal calon anggota BPD, yang mewakili 5 dusun sebagai daerah pemilihan serta 1 wakil dari kalangan perempuan desa. Berdasarkan musyawarah panitia pemilihan bersama pemerintah desa di tetapkan bahwa keanggotaa BPD masa bakti 2024-2019 adalah sebanyak 9 orang, disebakan kuta kependudukan desa Lipatkain sleatan diatas angka 2500 jiwa. untukmewakili masyarakat desa diperlukan  keterwakilan wilayas sebanyak 8 orang dan keterwakilan perempuan satu orang. Sampai hari ini sudah terdapat 17 orang kontestan yang akan bertarung memperebutkan 9 kursi di parlemen desa Lipatkain Selatan tahun 2024-2019.

Pada awal Juli tahun 2023 telah dilakuan pencabutan nomor urut bakal calon anggota BPD serta penetapan tanggal pencoblosan disetiap dapil yakni tanggal 16 Juli 2023. Selamat berkampanye bagi para calon anggota BPD Desa Lipatkain Selatan tahun 2023, semoga berjaya memilih yang terbaik dari putra-putri terbaik dari setiap dapil kewilayahan maupun kalangan dapil perempuan desa pada Tanggal 16 Juli 2023.

 

LKS-Media Center

 

About admin

Check Also

PEMBANGUNAN KEBUN SAWIT DESA 2023

Salah satu program bidang pemberdayaan perekonomian Desa Lipatkain Selatan tahun 2023 adalah pembangunan Kebun Sawit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super