Home / Seputar Desa / PEMBUKAAN JALAN WISATA KOBOKO

PEMBUKAAN JALAN WISATA KOBOKO

JALAN DESTINASI WISATA AIR TERJUN SUNGAI KOBOKO TINGKAT II

Air terjun Sungai Koboko ini terletak di Dusun III Muara Sitingkai Desa Lipatkain Selatan, Akses Jalan menuju Destinasi ini ialah melalui Jalan Desa yakni bisa melalui jalan Wali Haji Zainuddin di Dusun I Bukit Balam atau melalui Jalan Tengku Sulung di Dusun III Muara Sitingkai. Pada tahun 2019 jalan Poros desa menuju destinasi Wisata Koboko telah dilakukan pengerasan oleh Pemerintah Desa Lipatkain Selatan sepanjang 2 km.

Destinasi Wisata Air tejun Sei Koboko ini terdapat lima tingkatan air terjun, letak satu tingkat air terjun berjauhan, tingkat pertama dan Tingkat ke 5 berjarak sekitar 1, 5 Km, air terjun yang berderet dan bertingkat ini terletak cukup dekat dengan wilayah pemukiman masyarakat desa yakni lebih kurang 2 Km. Akses jalan ke titik terdekat dari Pusat desa hanya sekitar 10 menit perjalanan menaiki kendaraan roda 2 atau roda empat.

Letak Lokasi Air terjun yang sering dikujungi oleh warga ataupun para peminat wisata alam yakni Air Terjun Koboko Tingkat II, Letak Destinasi ini dari jalan Poros desa hanya berjarak sekitar 700-1.000 meter lebih kurang 15 menit jalan kaki dari Lokasi parkir kendaraan di atas perbukitan Koboko. Walaupun berjarak dekat disebabkan kontur wilayah yang berbukit serta pendakian agak tajam, kondisi ini menyebabkan yang sering datang adalah para pecinta olahraga petualangan atau adventure. Sedangkan masyarakat umum atau wisata keluarga terkendala oleh beratnya medan.

Air terjun Sei Koboko dari Tingkat 1 sampai ke Tingkat 5 memiliki kolam pemandian alam yang cukup lebar, terutama Air terjun Tingkat ke 2, 4 dan 5 . Para pemuda di Kecamatan Kampar Kiri tentu tidak asing dengan Destinasi Wisata Alam Air Terjun Sei Koboko di Desa Lipatkain Selatan. Biasanya pada hari libur atau hari yang diliburkan banyak juga para pemuda dari luar kota yang datang untuk berwisata di Desa Lipatkain Selatan.

Bagi pemerintah Desa, tentu keberadaan Destinasi ini adalah aset Potensial bagi Desa dan masyarakat Desa Lipatkain Selatan, Sebagai Aset Potensial tentu perlu untuk diolah dan ditata sehingga menimbulkan Multi Pleir Effect, terutama pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat desa. Potensi wisata alam dimanapun berada pada dasarnya ” Aset Potensial” jika mampu digali secara maksimal. Banyak Desa-Desa di Indonesia yang memiliki PADes yang besar dari sektor Pengelolaan Kepariwisataan Skala Desa yang dikelola oleh badan usaha Milik Desa (Bumdesa). Hanya Saja Investasi kepariwisataan itu tentu pada tahap awalnya adalah “Padat Modal” sebab berkaitan dengan Pembangunan Infrastrukutr fisik pendukung Destinasi terutama Pembangunan Sarana Jalan, jembatan maupun Penataan Fisik Lokasi Destinasi. Usaha-usaha yang telah dan akan dilakukan oleh Pemerintah Desa tentu berkaitan dengan hal tersebut diatas, namun usaha-usaha tersebut membutuhkan kemitraan dengan semua pihak agar pembangunan dan penataan destinasi wisata dapat dilakukan dengan secepat-cepatnya.

Destinasi Wisata Sei. Koboko memang sedang berbenah, usaha pertama yang dilakukan adalah Peningkatan Akses jalan Poros desa menuju Destinasi, kemudian pembukaan akses Jalan ke titik utama Destinasi wisata yakni Air terjun dan Kolam pemandiam alam Sei Koboko, pembangunan saran dan prasarana pendukung bagi kenyaman para pengunjung. Sebab efek domino berupa pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Desa berasal dari Pemasukan dari “Pengunjung/wisatawan yang datang terus-menerus ke Destianasi Koboko”. Kalau Destinasi dibangun dengan dana yang besar ternyata tidak menarik untuk di kunjungi secara terus-,menerus oleh masyarakat atau wisatawan tentu akan menjadi program yang tidak memberi manfaat bagi pertumbuhan ekonomi desa apalagi masyarakatnya.

Dalam RPJMDes tahun 2020-2026 memang telah dicanangkan sebuah Visi yang berkaitan dengan “Desa Wisata” mencapaian Visi Desa Wisata ini dilakukan dengan berbagai macam Misi dan Program yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan Desa dalam perencanaan, Penggaran di dalam RKPDes Maupun RAPBDes dan APBDes setiap Tahun anggaran. Pemerintah Desa Lipatkain Selatan berkomitmen dengan Visi Desa Wisata tersebut, sehingga dalam APBDes Tahun Anggaran 2021 telah di Anggarkan dan dilaksanakan pembangunan jalan untuk membuka akses menuju titik destinasi Air terjun Sei Koboko Tingkat II sepanjang lebih Kurang 1 Km. Akses jalan tersebut dilengkapi dengan pembangunan Lokasi Parkir bagi pengujung. Jalan Wisata yang Dibangun ini adalah Jalan dasar yakni pembukaan badan jalan memalui hibah pemilik lahan. Sebagai kegiatan awal pembukaan badan jalan tentu masih berbentuk jalan tanah yang belum ditingkatkan kualitasnya menjadi jalan berbatu, aspal atau semeninsasi, tetapi pembukaan jalan Wisata Koboko ini juga membutuhkan waktu dan dana yang cukup besar apalagi yang berkaitan dengan perundingan untuk mendapatkan Hibah tanah dari para pemilik lahan. Bersukur kepada Allah SWT proses itu sudah dilalui tinggal lagi pada masa mendatang badan jalan dasar ini bisa ditingkatkan menjadi jalan batu, aspal atau semenisasi, sehingga menimbulkan kenyamanan bagi para pengunjung destinasi wisata alam Sei Koboko untuk datang secara terus menerus. Ungkapan adat masyarakat desa Lipatkain Selatan berupa lokal wisdom disebutkan ” Patamo Ta Piso nan kaduo Ta-Poso” jiko tapiso akan mengulang, Jiko taposo tak akan mengulang lagi .

Dokumentasi Kegiatan Pembukaan Jalan Wisata Sei Koboko T.A 2021

Titik Lokasi Menuju Air Terjun dan Kolam Pemandian Sei KobokoTingkat II

About admin

Check Also

PENYERAHAN BANTUAN BLT-DD TW 1 2024

Dalam rangka menyambut bulan hari raya Idhul Fitri 2024 yang jatuh pada hari Rabu tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super