Home / Kearifan LokaL / KOTO TUO, PULAU TONGA, SERTA TAKAEGH GODANG DI JUNGUIK BATU.

KOTO TUO, PULAU TONGA, SERTA TAKAEGH GODANG DI JUNGUIK BATU.

” RISET KECIL-KECILAN MENCARI TAPAK-TAPAK PERADABAN TUA KAMPUNG” OLEH : ZALDI ISMET, S.Sos

KOTO TUO, adalah nama sebuah Dusun di Desa Lipatkain Selatan Kecamatan Kampar Kiri, di dusun tersebut terdapat sisa-sisa bukti-bukti sejarah peradaban masyarakat Rantau Kampar Kiri. Pada masa dahulu Koto Tuo ini disebut sebagai “Kapalo Koto Gunung Sahilan”. Koto Tuo merupakan pusat sebuah Negeri Tuo yang bernama “Negeri Bungo Setangkai” setelah Pindah dari Tepi Sungai Sitingkai disebuah tempat yang bernama ‘ Jonjang Ompek Puluo”.

Di situs yang disebut Jonjang Ompek Puluo ini masih terdapat bukti sejarahnya yaitu ” Kuburan Datuk Godang Kumbuok”. Hari ini Situs Kuburan Datuk Kumbuok terletak di Dusun IV Khatulistiwa Desa Lipatkain Selatan.

Situs Makam Datuk Godang Kumbuok

Setelah itu Negeri Bungo Setangkai Pindah Lokasi ke Muara Sungai Batang Olang (Toklang), di depan Muara Sungai Batang Olang ini terdapat sebuah Pulau yang dikenal masyarakat dengan Sebutan “Pulau Tonga”.

Sementara di seberang Sungai ini tepatnya di belakang Pulau Tonga ini terdapat sebuag Situs Sejarah Zaman pendudukan Jepang yang disebut ” Camp 7 Romusha Lipatkain. Di sana terdapat bengkel kerete api , bekas-bekas kantor Kompetai dan Camp para Romusha.

LOKASI CAMP 7 ROMUSHA LIPATKAIN/PULAU TONGA
SITUS BEKAS KANTOR KOMPETAI
PULAU TONGA……

Dusun Koto Tuo ini terletak didepan pulau tonga ini, Dusun Koto tuo ini kelak menjadi pusat dari Kenegerian Lipatkain. Di dusun koto tuo ini masih kita jumpai situs-situs pemukiman lama, Mesjid Tua ” Almizan”, Makam Raja terakhir Kerajaan Gunung Sahilan ” Makam Tengku Haji Abdullah Yang DiPertuan Sakti”, Serta Tembikar buatan zaman lampau yang disebut oleh masyarakat Lokal dengan Sebutan ” Takaegh Godang”.

MESJID ALMIZAN TUA & MAKAM RAJA GUNUNG SAHILAN
Situs Sejarah Local
SITUS TAKAEGH GODANG

Di dusun Koto Tuo atau Junguik Batu ini yang menarik perhatian penulis, adalah susunan bebatuan yang terletak di tepi Sungai Batang Kampar Kiri di Depan Pulau Tonga terdapat sedikit Perbukitan dimana perbukitan tersebut di sangga oleh sebuah gundukan bebatuan yang disebut Jungguik Batu. Struktur bebatuan yang hari ini dasarnya terdapat di dalam Batang Sungai Kampar Kiri. lebih Kurang 5.00-1.000 Meter panjangnya dari muara sungai Batang Olang menuju lokasi Takaegh Godang, dengan ketinggian kemungkinan 15-25 Meter.

SITUS 1 ( JUNGUIK BATU)
SITUS 2 ( Struktur bebatuan Diteping Sungai)
SITUS 3 (Tapak Situs di tepi Sungai)
SITUS 4 (Dasar Situs di dalam Sungai)
SITUS 5 Bentuk Bebatuan Situs Junguik Batu
SITUS 6 (Bentuk Bebatuan)
SITUS 7 (Bentuk Bebatuan)
SITUS 8
SITUS 9 Bentuk bebatuan Dinding Tebing

Berdasarkan sumber masyarakat Local mengatakan bahwa, pada awal penemuan kendi besar ” Takaegh Godang” ini ada masyarakat sedang menumbuk padi, lalau ada 2 Kendi yang sedang mengelinding dari perbukitan. satu Kendi berhasil di hentikan dengan “Alu” (alat Pengiling padi Tradisional” sementara satu kendi lagi terus mengelinding jkatu ke batang Sungai Kampar Kiri. Menurut masyarakat kedua kendi itu berisi emas, sebagai Buktinya sampai hari ini masih banyak masyarakat yang mendulang/ Menambang emas di Pulau tengah Batang kampar Kiri. Karena sungai Kampar Kiri yang merupakan induk dari sungai-sungai yang mengandung kekayaan Alam yakni Emas, yaitu sungai Singingi, Sibayang dan Sitingkai.

Dugaan Penulis, melihat Struktur bebantuan ini, jika disebut batu karang, bukan termasuk batu karang yang keras. walau pun dikatakan daerah ini disebut Junguik Batu. Menurut hasil riset kecuil-kecilan penulis, bahwa di daerah ini perna didirikan bangunan tua semacan bekas-bekas pecandian. hanya saja itu butuh penelitian dan explorasi yang mendalam. Bisa saja pemukiman awal itu mengalami erosi oleh arus sungai Kampar Kiri, sehingga jatuh ke sungai Kampar Kiri dan berpindahnya aliran sungai kearah pemukiman masyarakat.

Kendi besar atau Takaegh Godang ini terletak lebih kurang 20 meter dari Bibir Sungai Kampar Kiri di atas situs yang bernama “Junguik Batu di Koto Tuo” Desa Lipatkain Selatan Kampar Kiri.

Check Also

KEGIATAN LOMBA REBANA & BATIMANG DESA LIPATKAIN SELATAN “MEMERIAHKAN IDHUL ADHA 1440 H” TINGKAT KECAMATAN KAMPAR KIRI

Dalam rangka memeriahkan hari raya Idhul Adha 1440 Hijra, yang jatuh pada hari Ahad tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Watch Dragon ball super